WISATA BERTEMA SEJARAH YAITU MONUMEN SOLIDARITAS ASIA AFRIKA

Bagi masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan sejarah konferensi Asia Afrika.Konferensi Asia Afrika pertama kali dilaksanakan di negara Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 April sampai 24 April di tahun 1955.Pelaksanaan Konferensi tersebut diadakan di kota Bandung yang sekarang di kenal dengan Gedung Merdeka.


Dengan sejarah itu, jalan disekitar Gedung Merdeka itu diberi nama jalan Asia Afrika.Hingga sekarang jalan Asia Afrika tersebut sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Bandung bahkan bisa dibilang hampir seluruh masyarakat Indonesia.Disekitar jalan juga terdapat sebuah Monumen Solidaritas Asia Afrika, Monumen tersebut ternyata menjadi sebuah objek wisata yang akan saya bahas sekarang.

Di monumen Solidaritas Asia Afrika tersebut terdapat nama-nama negara yang ikut dalam Konferensi Asia Afrika seperti Indonesia sebagai tuan rumah, Bahrain, China, Pakistan, Kamboja, Thailand dan berbagai negara lainnya dari Benua Asia.Dari benua Arika sendiri terdapat negara seperti Nigeria, Senegal, Ghana, dan negara lainnya yang berasal dari Benua Afrika.

Jika berkunjung ke kota Bandung, Monumen Solidaritas Asia Afrika ini patut untuk dikunjungi.Sambil berwisata, kita bisa mempelajari berbagai sejarah-sejarah tentang Konferensi Asia Afrika yang pertama kali dilaksanakan di kota Bandung tersebut.

Monumen ini juga tidak kalah cantiknya jika dibandingkan dengan objek-objek wisata lainnya.Bisa dikatakan Monumen Solidaritas Asia Afrika menjadi salah satu ikon penting di kota Bandung, bahkan di Indonesia sendiri.Monumen bisa menjadi saksi bisu bahwa konferensi Asia Afrika pertama kali dilaksanakan di Indonesia.

Jika kita berkunjung ke Monumen tersebut, kita bisa berfoto-foto disana dengan latar belakang tulisan ASIA AFRIKA serta sebuah bola besar diatasnya yang melambangkan bentuk bumi.Monumen ini hampir tidak pernah sepi pengunjung apalagi saat weekend, sehingga kita akan melihat banyak sekali pengunjung-pengunjung dari berbagai daerah disana.Itu tidak lain karena letak dari Monumen Solidaritas Asia Afrika sangat strategis, tepat di tegah kota Bandung.

Saat bersinggah ke Monumen Solidaritas Asia Afrika,saya tidak sendiri.Saya ditemani oleh kakak kandung saya.Di monumen tersebut, kami menyempatkan untuk berfoto-foto agar membawa kenangan dari Monumen tersebut.Dan hasilnya adalah seperti foto yang saya letakkan di atas.

Untuk masuk ke area Monumen tidak dipungut sama sekali biaya alias semua orang bebas untuk berkunjung.Monumen tersebut juga berada tepat di pinggir jalan Asia Afrika, sehingga kita harus hati-hati saat mengambil foto ataupun menyebrang untuk menuju Monumen tersebut.

Kalau berkesempatan, Sebagai masyarakat Indonesia tidak ada salahnya kalau kita berkunjung ke Monumen Solidaritas Asia Afrika.Bahkan wisatawan-wisatawan dari luar negeri juga tidak sedikit yang berkunjung ke Monumen tersebut.Banyaknya wisatawan dari luar negeri menandakan bahwa betapa mendunianya Monumen Solidaritas Asia Afrika yang ada di kota Bandung tersebut.

Lokasi Monumen juga dekat sekali dengan Mesjid Agung, sehingga bagi yang beragama Islam bisa beribadah di Mesjid Agung tersebut.Di sekitar Monumen juga terdapat sebuah hotel yang bernama Hotel Savoy, sehingga para pengunjung bisa menginap disana jika tidak sempat untuk pulang.Lokasi sekitar Monumen juga sangat bersih, jarang sekali kami menemukan sampah.Dengan penataan yang baik, Monumen Solidaritas Asia Afrika sangat indah dipandang  dan juga area jalan Asia Afrika sangat cocok dijadikan untuk jalan santai  sambil melihat betapa banyaknya pengunjung Monumen tersebut.

Monumen Solidaritas Asia Afrika juga tidak jauh dari salah satu objek wisata lainnya yaitu Alun-Alun Bandung, sehingga perjalanan bisa dijadikan satu paket dengan mengunjungi Monumen Solidaritas Asia Afrika dan Alun-Alun Bandung.Dengan segala keunikannya tersebut, mulai dari sejarahnya, tempat ibadah, bahkan kebersihannya.Monumen tersebut sudah patut dijadikan sebagai salah satu agenda para wisatawan-wisatawan.

Si Appudan Pengelola blog ini adalah Si Appudan, yang mempunyai nama asli Riki Simaibang. mulai kuliah di Universitas Palangka Raya pada tahun 2018 dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan Ekonomi Pembangunan. Blog ini menyajikan tulisan yang pasti menarik perhatian anda,dan semoga blog ini memberikan kepada pembaca manfaat dan wawasan baru.

0 Response to "WISATA BERTEMA SEJARAH YAITU MONUMEN SOLIDARITAS ASIA AFRIKA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel