OBJEK WISATA JEMBATAN KAHAYAN DI PALANGKARAYA

Sudah pernah berkunjung ke Palangkaraya?Jika pernah,tentu sudah tidak asing lagi dengan Jembatan Kahayan bukan?Jembatan Kahayan merupakan salah satu objek wisata dan sekaligus jembatan terpanjang di Palangkaraya.Disini akan dibahas berbagai pengalaman pribadi saat berkunjung ke Objek Wisata Jembatan Kahayan.

Wisata Jembatan Kahayan


Wisata Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan merupakan ikon penting di Palangkaraya, dengan pesonanya yang memikat serta memanjakan mata membuat Jembatan Kahayan dikunjungi oleh banyak wisatawan dan cocok sekali dijadikan sebagai tempat hunting.Dari pengalaman pribadi, tidak bisa dipungkiri saat melintasi jembatan ini membuat perjalanan tidak bosan sama sekali.Jembatan ini memiliki pesona tersendiri, dengan air sungai yang mengalir deras dibawahnya dan penampakan pusat kota Palangkaraya dari atas jembatan membuat pengendara yang melintasi jembatan tidak bosan selama proses perjalanan melewati jembatan tersebut.Itulah mengapa Jembatan Kahayan dikatakan sebagai tempat wisata karena mempunyai panorama yang indah serta dengan ciri khas.

Sungai Kahayan

Sungai Kahayan

Di Palangkaraya terdapat banyak sekali sungai, sehingga tidak heran sungai juga digunakan sebagai transportasi untuk menuju suatu tempat tertentu dengan menggunakan perahu oleh masyarakat sekitar.

Sayangnya saya belum tahu panjang dari sungai Kahayan, mungkin ini adalah sungai terpanjang di Palangkaraya atau bahkan Kalimantan Tengah.

Sungai Kahayan adalah sungai yang paling terkenal di Palangkaraya.Berbicara soal sungai tentu tidak lepas dari Jembatan.Ya, di Palangkaraya terdapat jembatan yang menjadi Ikon dari Provinsi Kalimantan Tengah, jembatan itu bernama Jembatan Kahayan.Itulah mengapa Sungai Kahayan sangat erat dengan Jembatan Kahayan, karena jembatan tersebut terdapat di sungai Kahayan.

Wisata Sekitar Jembatan Kahayan

Wisata Sekitar Jembatan Kahayan

Dipinggir Jembatan Kahayan terdapat taman Pesuk Kameluh, yang juga mempunyai keindahan tersendiri dengan berbagai fasilitasnya.Tidak heran, kawasan jembatan Kahayan memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat setempat dengan berbagai usaha untuk keperluan ekonomi mereka seperti menjual makanan ringan dan minuman serta membuat mainan untuk anak-anak bermain.Tentu usaha itu akan mendorong perekonomian masyarakat setempat yang memiliki usaha.Jadi, selain pesonanya yang memikat jembatan Kahayan juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat setempat yang memiliki usaha.

Terlepas dari itu, jembatan Kahayan sangat indah jika dilihat saat malam hari dari Taman Pesuk Kameluh,dengan lampu-lampu yang mewarnai tempat itu membuat suasana nyaman dan ingin berlama-lama disana tentunya.Jembatan ini dihiasi dengan corak budaya dayak(Dayak adalah suku asli masyarakat kota Palangkaraya), corak itu tentunya menjadi ciri khas jembatan Kahayan dan membuat jembatan tersebut unik atau berbeda dari jembatan lainnya.

Disekitar jembatan atau tepatnya di Taman Pesuk Kameluh terdapat Mesjid untuk tempat beribadah umat Muslim.Disekitar sungai juga terdapat perahu yang siap membawa wisatawan untuk menyusuri sungai Kahayan.Tentu dengan segudang pesona dan daya tariknya inilah sehingga banyak sekali wisatawan yang mengunjungi jembatan Kahayan ini.

Banyak sekali wisatawan yang berfoto disana dengan latar belakang Jembatan Kahayan apalagi saat menjelang sore, tentu orang yang mengunjungi objek wisata Jembatan Kahayan tidak akan menyesal.Apalagi dengan masyarakat-masyarakat setempat dikenal sangat ramah terhadap pengunjung, fasilitas yang cukup memadai ,serta biaya untuk masuk gratis hanya membayar uang parkir saja agar kendaraan yang kita pakai aman.

Sejarah Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan juga mempunyai cerita tersendiri yaitu Pada awalnya, kita bisa saja menikmati keindahan kota Palangkaraya dari atas Jembatan tersebut.Namun pada tahun 2015 pemerintah setempat melarang serta tidak memperbolehkan lagi berkumpul di atas jembatan karena menganggu jalannya lalu lintas.Namun jangan Khawatir, kita masih bisa menikmati keindahan jembatan dari taman Pesuk Kameluh.

Jembatan Kahayan mempunyai panjang sekitar 640 meter dengan lebar 9 meter, Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 yang selesai pada tahun 2001 dan diresmikan langsung oleh presiden ke-5 Indonesia yaitu Megawati Soekarno Putri.Jembatan yang berada  di atas sungai Kahayan ini juga sebagai penghubung kota Palangkaraya dengan kabupaten Gunung Mas dan berbagai pusat kota lainnya di wilayah utara Provinsi Kalimantan Tegah.

Note:

Itu adalah berbagai keunikan-keunikan dari Jembatan Kahayan sesuai pengalaman saya, dengan berbagai keunikannya itu tentunya Jembatan Kahayan sudah menjadi salah satu objek wisata yang patut untuk dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Terlepas dari itu, mungkin masih banyak kekurangan dalam penulisan saya, mungkin pembaca bisa memberi kritik dan saran dikolom komentar.

Semoga bermanfaat!
Si Appudan Pengelola blog ini adalah Si Appudan, yang mempunyai nama asli Riki Simaibang. mulai kuliah di Universitas Palangka Raya pada tahun 2018 dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,jurusan Ekonomi Pembangunan. Blog ini menyajikan tulisan yang pasti menarik perhatian anda,dan semoga blog ini memberikan kepada pembaca manfaat dan wawasan baru.

0 Response to "OBJEK WISATA JEMBATAN KAHAYAN DI PALANGKARAYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel